Monday, June 11, 2018

author photo
Kalian ingin mengendalikan komputer jarak jauh dengan ponsel android masing-masing? Atau mungkin menggunakan komputer? Tidak mau cara yang ribet? Maka sangat tepat jika anda membaca artikel ini sempai selesai. Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengendalikan/remote komputer jarak jauh, tapi aplikasi yang saya rekomendasikan kali ini merupakan aplikasi yang sangat mudah digunakan, walaupun aplikasi yang lain juga sebenarnya mudah, hehehe.. Aplikasi yang digunakan pada tutorial kali ini adalah menggunakan Team Viewer, menurut saya ini adalah aplikasi terbaik untuk mengendalikan komputer jarak jauh menggunakan HP Android maupun sesama komputer. Apalagi aplikasi ini tergolong paling populer diantara yang lain, tentunya sang pembuat sudah mendesain aplikasi ini dengan sebaik mungkin, tidak banyak bug/kekurangan, dan mempunyai server yang sudah kelas atas.

Team Viewer sendiri sebelumnya digunakan untuk mengendalikan komputer dengan komputer, namun semakin majunya teknologi akhirnya Team Viewer juga dapat digunakan untuk perangkat android juga. Cara menggunakannya pun sangatlah mudah, selain aplikasi ini terdapat juga aplikasi lain yang dapat digunakan untuk mengendalikan komputer jarak jauh, misalnya :
1. Chrome Remote Desktop
2. Unified Remote
3. Remote Desktop Connection (Dari Windows)
4. Tight VNC
5. Intelli Admin

Namun disini saya hanya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan salah satu aplikasi saja yaitu Team Viewer, berikut langkah-langkahnya :
  • Download dan install team viewer di komputer anda disini, kemudian install juga versi android-nya disini atau cari di playstore dan ketikkan "Team Viewer For Remote Control". 
Download Team Viewer PC
Download Team Viewer HP
  • Setelah semua didownload silahkan buka team viewer yang ada di komputer kalian, lalu pastikan koneksi internet lancar. Pastikan team viewer siap untuk connect, kalian dapat mengeceknya di pojok kiri bawah, akan ada tanda hijau dan keterangan"ready to connect (secure connection)". Setelah itu, ketika koneksi internet lancar maka team viewer akan menampilkan ID serta Password yang akan kalian masukkan.
Aplikasi Team Viewer Di PC
  • Setelah muncul ID dan Password, sekarang buka team viewer yang ada di android kalian lalu masukkan ID yang tersedia di team viewer komputer kalian. Setelah itu klik tombol "Remote Control" (Nomor ID ini adalah kode yang dapat diakses oleh komputer lain untuk mengendalikan komputer anda, maka hati-hati dan jangan disebarluaskan karena mungkin h*cker bisa mengarang/memecahkan passwordnya jika mereka tidak mendapatkan password-nya)
Memasukkan ID Team Viewer
  • Masukkan password yang ada di team viewer komputer lalu Ok.
Memasukkan Password
  • Setelah itu akan ada instruksi penggunaan kursor, kalian bisa mengabaikannya dan klik "continue"
Instruksi Penggunaan Kursor
  • Dan taraaaaa... Sekarang kalian bisa mengendalikan komputer melalui HP Android anda.. Mudah sekali bukan?
Tampilan Desktop Komputer Di Layar Android
Catatan :

- Perlu diketahui, kalian harus download dan install aplikasi tersebut dengan yang terbaru/update, jika tidak maka kemungkinan akan gagal karena versi yang digunakan berbeda, lagi pula software ini gratis bagi personal
- Jika kalian ingin mengendalikan komputer menggunakan komputer juga, kalian tinggal download dan install team viewer di kedua komputer tersebut. Dan caranya pun sama, kita hanya tinggal memasukkan ID serta Password di kolom "Control Remote Computer" pada team viewer lalu kita bisa mengendalikannya.

Mengendalikan PC Melalui PC
Itulah cara mengendalikan komputer jarak jauh menggunakan android maupun PC, jika ada pertanyaan silahkan lontarkan di kolom komentar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post