Tips & Trik PC, Windows

Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10

RajaTips.com ~ Menghilangkan Test Mode Windows 10 – Pernahkah kalian melihat tulisan di pojok kanan bawah layar seperti dibawah ini?

RajaTips.com ~ Menghilangkan Test Mode Windows 10 – Pernahkah kalian melihat tulisan di pojok kanan bawah layar seperti dibawah ini?

Test Mode Windows 10
Test Mode Windows 10

Jika demikian, maka sangat tepat jika kalian membuka blog ini, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menghilangkan watermark/tulisan test mode yang ada di pojok kanan bawah tersebut.

Kadang, tulisan sekecil ini juga bisa mengganggu juga ya, hehe…

Penyebab munculnya watermark ini karena kita sengaja atau tidak sengaja mengaktifkan test mode pada Windows 10.

Test mode pada windows 10 ini dapat dinonaktifkan dengan sangat mudah menggunakan bcdedit.exe yang dijalankan melalui suatu perintah pada command prompt.

Fungsi Test Mode Windows 10

Test mode yang tersedia pada windows 10 merupakan sebuah fitur tersemat untuk menginstall driver yang belum/tidak resmi menurut perusahaan pembuat OS tersebut.

Fitur ini akan sangat berguna ketika kita ingin menginstall beberapa driver di windows 10.

Oke, lanjut ke solusi bagaimana cara menghilangkan/menonaktifkan serta cara untuk mengaktifkan kembali test mode pada windows 10.

Simak caranya berikut ini :

Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10

Berikut cara menonaktifkan test mode pada windows 10 :

  • Buka jendela command prompt dengan cara klik start dan ketik “cmd” tanpa tanda petik lalu jalankan menggunakan Run As Administrator
Run CMD As Admin
Run CMD As Admin
  • Setelah jendela command prompt terbuka, ketik “Bcdedit.exe -set TESTSIGNING OFF” tanpa tanda petik lalu Enter. Lalu akan ada keterangan “The Operation Completed Sucessfully
Menghilangkan Test Mode Windows 10
Menghilangkan Test Mode Windows 10
  • Setelah itu restart komputer kalian, barulah watermark tersebut akan hilang

Jika mengalami kegagalan pada saat menggunakan perintah diatas, maka ketikkan perintah ini terlebih dahulu “Bcdedit.exe -set loadoptions ENABLE_INTEGRITY_CHECKS”, tetap ditulis tanpa menggunakan tanda petik. Dan barulah ketikkan perintah “Bcdedit.exe -set TESTSIGNING OFF

Cara Mengaktifkannya Kembali

Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, ikuti langkah-langkah untuk mengaktifkannya lagi :

  • Cara mengaktifkannya hampir sama, kalian tinggal pakai perintah untuk menonaktifkan tadi, namun OFF-nya diganti ON, sehingga menjadi “Bcdedit.exe -set TESTSIGNING ON“. Selanjutnya cek status sukses tidaknya perintah tersebut, jika sukses maka tinggal restart komputer masing-masing dan lihat perubahannya
Testsigning On
Testsigning On

2 Cara Membuat Command Prompt Transparan Di Windows 10

Demikanlah sekilas artikel yang dapat saya tuliskan, kurang lebihnya saya mohon maaf.

Posted by
Balkis Anton Nurohman

Allohumma Sholli ‘Alaa Muhammad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *