Cara Mempercepat Kinerja Android, Terbukti Ampuh 100% Tanpa Ribet - Aurora Tekno

Aurora Tekno

Belajar Tips Dan Trik Komputer, Android, Dan Pengetahuan Lainnya

Wednesday, June 6, 2018

Cara Mempercepat Kinerja Android, Terbukti Ampuh 100% Tanpa Ribet

Jumpa lagi dengan saya teman-teman semua,,, pernah mengalami lelet di smartphone kalian? Atau malah sering? 😁 Tenang saja nggak usah panik, saya kasih solusinya dijamin 100% ampuh, kalian tinggal ikuti langkah-langkah yang admin tulis disini, jangan lupa berdoa ya, hehee. Sebelum kita bahas bagaimana cara mempercepat kinerja android, alangkah baiknya kita pelajari dulu sebab-sebabnya agar kita paham apa yang sebenarnya membuat smartphone kita menjadi lelet atau bahkan panas.

Oke langsung saja, sebuah smartphone mempunyai kapasitas tertentu untuk menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan (termasuk yang ada di latar belakang), nah  hal ini yang kadang tidak terlalu diperhatikan, padahal smartphone itu punya spesifikasi layaknya sebuah komputer, artinya secara tidak langsung kita telah dibatasi oleh spesifikasi tersebut, tidak bisa seenaknya sendiri menggunakan smartphone yang kapasitas atau spesifikasinya rendah. Contohnya dengan kapasitas RAM yang rendah maka proses aplikasi akan semakin lambat karena tidak ada ruang untuk menyimpan aplikasi yang sedang dijalankan, penyebab lain karena Processor pada smartphone kita telah mencapai batas maksimal, lain halnya dengan bermain game ya, kalau game bisa jadi karena VGA yang rendah. Selain itu, penyimpanan yang penuh di internal/telepon juga menyebabkan android menjadi lambat juga.

Ya, mereka satu kesatuan yang saling bekerja sama dalam sistem android. RAM berguna menyimpan proses sementara sewaktu aplikasi sedang dijalankan, Processor berguna memproses aplikasi yang berjalan dengan bantuan RAM, sedangkan VGA kaitannya dengan grafis/tampilan termasuk sebuah game, VGA juga punya memori yang hampir sama seperti RAM namun khusus untuk grafis/gambar, dengan dibantu sebuah processor maka VGA dapat bekerja untuk menampilkan grafis misalnya sebuah game, kalau spesifikasi tersebut rendah maka yang terjadi smartphone kita menjadi lambat. Walaupun begitu, kita masih bisa mencari solusinya dengan cara menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang agar meringankan beban RAM karena yang paling berpengaruh adalah RAM.

Misalnya saja kita membuka aplikasi BBM, lalu kita tinggal pergi atau langsung pencet tombol home, lalu pindah-pindah aplikasi lain tanpa menutupnya kembali, ini sih normal-normal saja kalau smartphone yang dipakai adalah smartphone kelas dewa. Nah pertanyaannya, bagi smartphone yang merakyat(rendahan atau menengah) itu gimana? Ya pastinya bakal membuat hp itu jadi lelet, ngehang, bahkan panas, apalagi ketika data seluler dan tethering diaktifkan. Kita juga perlu mengecek kapasitas RAM yang tersedia, apakah masih tersisa banyak atau tidak, berikut salah satu contoh mengecek RAM :
  • Buka settings/pengaturan lalu cari dan pilih memori. Jika kalian menggunakan android yang berbeda dari saya (lebih rendah dari marshmallow), silahkan buka settings lalu pilih aplikasi dan geser ke kanan sampai anda menemukan aplikasi yang "dijalankan"
Geser Notifikasi Lalu Masuk Settings
Pilih Memori
  • Nah setelah itu kita bisa mengecek berapa RAM yang terpakai saat ini. Di smartphone saya masih ada sekitar 408 MB dari 1.8 GB. Ini termasuk pemakaian RAM yang boros juga.
Cek Kapasitas RAM
Tanpa bicara lebih lebar, mari kita pelajari solusinya satu per satu, silahkan simak dengan baik. Jangan loncat-loncat yah bacanya, hehe..


Cara Mempercepat Kinerja Android :

1. Hapus semua program sementara yang masih berjalan di task manager
Untuk menghapus tugas aplikasi yang sedang tidak digunakan kalian tinggal tekan tombol recent (masing-masing HP berbeda, ada juga yang harus menekan tombol home dengan lama) lalu hapuslah jika dirasa tidak penting, kalau saya pribadi setiap selesai buka aplikasi langsung saya tutup mengingat HP saya spesifikasinya masih rendah. Kalau sampai menumpuk banyak, jangan heran kalau smartphone anda menjadi lambat.

Menghapus Aplikasi Yang Berjalan
Hasilnya
Ini memang hal yang sangat mudah, mungkin beberapa orang sudah paham tentang hal ini, tapi ada juga yang belum paham, jadi yang sudah paham silahkan menyesuaikan saja dan baca solusi selanjutnya.

2. Paksa berhenti aplikasi yang aktif
Cara ini memang agak terlalu memaksa, pasalnya kita harus membuat aplikasi berhenti paksa pada saat aplikasi tersebut berjalan, wahh kasian dongg, hehe.. Memang cara ini tidak terlalu direkomendasikan bagi pebisnis yang butuh komunikasi full 24 Jam. Karena misal anda punya bisnis yang harus dijalankan dan whatsapp harus aktif 24 jam maka jangan sampai membuat whatsapp tersebut berhenti, sedangkan cara ini akan memaksa aplikasi untuk berhenti. Namun kita juga bisa memilah-milah mana saja aplikasi yang perlu di paksa untuk berhenti, kalau whatsapp dirasa penting ya jangan di paksa berhenti.

Cara ini sangatlah berpengaruh bagi performa smartphone, untuk pengguna seperti saya lebih baik paksa berhenti aplikasi tersebut karena kita bisa membukanya saat kita butuh saja, toh kalau memang butuh komunikasi mereka masih bisa telpon/misscall untuk mengingatkan kita asal tidak di mode penerbangan saja. Pengalaman di sekitar saya, ada orang yang takut ketika aplikasi dipaksa berhenti, katanya mbok nanti akan membuat aplikasi menjadi error dan sebagainya, mungkin dia terlalu berlebihan,, hehe. Tenang saja, itu hanya menghentikan aplikasi sementara sampai kita membukanya kembali. Untuk menghentikan aplikasi secara manual berikut langkah-langkahnya :
  • Buka settings/pengaturan lalu pilih dan cari aplikasi
Buka Settings
Pilih Aplikasi
Daftar Aplikasi
  • Pilih satu per satu aplikasi yang akan di paksa berhenti (aplikasi yang paling banyak dan paling sering membuat kapasitas RAM penuh), disini saya contohkan satu yaitu UC Browser, lalu klik paksa berhenti dan Ok
Paksa Berhenti
Klik Ok
3. Menggunakan aplikasi pihak ketiga Greenify
Greenify
Banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa mempercepat smartphone kalian, tapi kebanyakan malah bikin lambat. Loh kok bisa? Ya karena sistem aplikasi mereka bekerja hanya menghentikan aplikasi sementara tidak secara total, setelah 30 detik atau beberapa menit mereka akan kembali berjalan di latar belakang. Ditambah lagi aplikasi yang katanya bikin cepet tersebut ternyata malah bikin tambah lambat, karena mereka juga memakan kapasitas RAM yang ada, besar pula.

Berbeda sekali dengan aplikasi yang saya rekomendasi ini yaitu Greenify (download aplikasinya disini), aplikasi ini gratis tapi ada yang berbayar juga yaitu greenify pro (premium), kalau saya sendiri pakai yang gratis. Bedanya yang gratis dengan yang berbayar yaitu kalau yang berbayar bisa menghentikan aplikasi bawaan smartphone sedangkan yang gratis tidak. Sistem kerja aplikasi ini adalah menghentikan secara total sampai ke akar-akarnya, dan kerennya lagi aplikasi ini hanya memakan ruang sangat sedikit yaitu paling besar 15 MB bahkan kurang. Selain itu baterai akan lebih awet karena proses akan berkurang dan kinerja akan menjadi semakin berkurang. Sudah ampuh, ukuran kecil, simple, mudah digunakan, gratis lagi, siapa sih yang nggak mau... Hehehe,,,

Penting :
- Perlu diketahui untuk pengguna android dibawah marshmallow membutuhkan akses root, sedangkan sistem operasi diatas marshmallow sudah tidak membutuhkannya, kita tunggu saja update terbaru semoga bisa di sistem operasi lolipop atau kitkat atau dibawahnya lagi tanpa root.

Baca Juga : Apa Itu Root HP Android, Fungsi, Kelemahan dan Kelebihannya

- Perlu diketahui juga bahwa aplikasi Greenify ini sama dengan melakukan paksa berhenti setiap aplikasi seperti pada langkah ke-2 diatas, jadi kita bisa ambil alternatif dengan cara menginstall aplikasi ini melalui playstore maupun google agar lebih cepat dalam melakukan paksa berhenti aplikasi.
- Aplikasi yang di hibernasi oleh greenify tidak akan kembali berjalan kecuali kita buka aplikasi tersebut atau setelah ponsel di restart.
Berikut ini cara menggunakan aplikasi greenify :

  • Buka aplikasi greenify tersebut lalu klik tambah pada pojok kanan atas untuk menambah aplikasi mana saja yang akan di hibernasi
Buka Greenify
Klik Tambah
  • Klik titik 3 di pojok kanan atas lalu ceklist tampilkan semua, selanjutnya pilih aplikasi lainnya
Analisis Aplikasi
Menampilkan Aplikasi Lainnya
  • Pilih mana saja aplikasi yang akan di hibernasi lalu klik centang di pojok kanan bawah.
Memilih Aplikasi
  • Melakukan hibernasi satu klik dengan cara klik tombol Zzz di pojok kanan bawah lalu tunggu saja semua aplikasi dipaksa berhenti.
Hibernasi Satu Kali Klik
Catatan : Jika ada aplikasi yang sedikit bandel dan tidak mau dipaksa berhenti, yaitu "tidak hibernasi otomatis" seperti aplikasi eye filter diatas maka klik aplikasi tersebut lalu klik titik 3 di pojok kanan atas dan pilih "dimasukkan ke dalam hibernasi sekarang"

Masukkan Ke Hibernasi Sekarang
Kita juga bisa menambah widget di layar depan sehingga tidak perlu membuka aplikasi tersebut berkali-kali..


4. Mengaktifkan mode penerbangan/pesawat
Hal ini akan membuat beban processor semakin berkurang karena tidak terlalu banyak proses apalagi dengan ponsel yang mencari sinyal, selain membuat ponsel lebih cepat (khususnya saat bermain game offline) juga akan membuat baterai tahan lama. Caranya tinggal geser notifikasi dan aktifkan mode penerbangan
Mengaktifkan Mode Penerbangan
5. Menghapus aplikasi yang  tidak digunakan
Nah kan, kalian yang sering menumpuk aplikasi tidak berguna alias menjadi sampah silahkan hapus saja aplikasi tersebut agar ponsel tidak terlalu berat dalam memproses tugas yang berjalan.

6. Sisakan kapasitas telepon dengan wajar
Seringkali saya lihat ada beberapa orang yang menyimpan file-file di dalam memori telepon padahal di kartu sd masih banyak ruang, sampai-sampai muncul peringatan kapasitas rendah, nah ini kalau sudah berlebihan ya harus ditangani, pindah file-file tersebut ke kartu sd

7. Menggunakan aplikasi overclock Processor dan VGA serta menambah RAM
Cara ini adalah cara terakhir sekaligus cara paling ampuh, yaitu menggunakan program overclock processor, VGA dan penambah RAM. Mungkin untuk cara ini tidak saya jabarkan karena membutuhkan akses root, saya hanya akan menjelaskan sedikit dari aplikasi tersebut, mungkin ke depannya admin akan post masing-masing cara menggunakannya..

- CPU Tuner = Aplikasi ini membutuhkan akses root untuk mempercepat clock processor menjadi lebih cepat dari kecepatan normal. Ini akan membuat proses semakin cepat berkat aplikasi ini.
- GL Tools = Ini adalah aplikasi andalan saya untuk menaikkan clock VGA agar lebih cepat dari sebelumnya, hasilnya cukup signifikan. Saya menggunakan game ppsspp untuk uji coba aplikasi ini, alhasil sangat memuaskan dan game semakin lancar.
- Simple Root Swap = Ini adalah aplikasi untuk menambah virtual RAM atau secara mudahnya menambah kapasitas RAM, namun bukan secara fisik RAM menjadi bertambah besar ya, tapi hanya sebatas virtual. Silahkan pelajari hal ini, mungkin perlu sedikit pengalaman agar paham, saya juga agak susah menjelaskannya, hehehe. Tapi intinya jika RAM kalian sudah habis terpakai aplikasi atau bermain game maka kita punya cadangan RAM melalui aplikasi ini, saya pernah melakukan hal ini di samsung galaxy v yang mempunyai RAM sangat kecil yaitu 512 MB. Dan hasilnya lumayan memuaskan juga, namun kita harus menyiapkan kartu sd yang kosong dan harus diformat serta dipartisi menjadi file sistem yang digunakan linux, yaitu swap, ext1, ext2 dan sebagainya.

Itulah beberapa cara mempercepat kinerja android, silahkan mencoba. Bagi yang ingin mencoba overclock android silahkan lakukan dengan resiko anda sendiri "do with your own risk", jika dirasa perlu untuk sharing silahkan share saja artikel ini.

No comments:

Post a Comment