Cara Membuat CCTV Dari HP Ke HP Tanpa Internet
Tips & Trik HP

Cara Membuat CCTV Dari HP Ke HP Tanpa Internet, Mudah!

Kita bisa membuat CCTV hanya bermodal HP Android tanpa terkoneksi internet. Pengontrolan pun dapat dilakukan di HP juga, sehingga memudahkan

RajaTips.com ~ Udah tau belum sob, kita bisa membuat CCTV hanya bermodal HP Android tanpa terkoneksi dengan internet lho. Pengontrolan pun dapat dilakukan di HP juga, sehingga akan memudahkan kita.

Cara ini tidak rumit sama sekali, bahkan pemula dapat menerapkannya dengan mudah.

Hanya bermodal HP Android bekas atau HP murahan, kalian sudah bisa menciptakan CCTV yang bisa on 24 jam (tentunya harus sambil di cas).

Kalian tidak perlu internet, hanya jaringan lokal saja, dan itu bisa diakali dengan tethering pada HP yang dijadikan CCTV tersebut.

Pakai internet juga bisa, asal kalian punya wifi dirumah. Agar bisa akses CCTV tersebut di tempat yang jauh (jarak jauh).

Dengan begitu, kita bisa memonitoring tempat yang sekiranya rawan terjadi pencurian atau tindak krimin4l lainnya.

Dan ini akan sangat menolong kita jika sedang bepergian ke tempat yang jauh.

Sebelum mencoba, alangkah baiknya kalian perhatikan catatan berikut.

Persiapkan Hal Ini Sebelum HP Androidmu Hilang & Dicuri

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat CCTV Dari HP

1. Pastikan baterai HP Android tidak terlalu boros. Atau jika memang sangat mendesak kita bisa memakai charger yang di hubungkan (dipanjer) ke sumber listrik secara terus menerus jika ingin menggunakan CCTV dengan jangka waktu yang lama (Opsional)

2. Pastikan HP Android kita terhubung ke jaringan (Wajib). Kalau ini tergantung kebutuhan, jika kita ingin mengakses CCTV tersebut dari tempat yang jauh, tentunya kita butuh jaringan/koneksi internet agar kita bisa masuk ke CCTV tersebut

Namun jika kita ingin mengakses CCTV dari tempat yang jaraknya relatif dekat (misalnya dipasang di depan rumah) maka kita tidak harus menggunakan internet, cukup pakai wifi terdekat yang ada atau mengaktifkan hotspot (tethering) pada HP yang dijadikan CCTV

3. Letakkan HP Android yang digunakan sebagai CCTV di tempat yang aman dan tidak mudah diketahui orang (Opsional)

4. Sediakan kapasitas yang cukup untuk menyimpan rekaman CCTV tersebut (jika ingin menyimpan rekaman hasil CCTV). Tambahkan kartu SD jika penyimpanan tidak memadai (Opsional)

5. Pastikan notifikasi dan dering dimatikan (Opsional). Bayangkan saja, ketika HP sedang difungsikan untuk CCTV ternyata tiba-tiba berdering karena alarm yang aktif, gimana coba?

Cara Membuat CCTV Dari HP Ke HP Tanpa Internet

Membuat CCTV Sendiri
Membuat CCTV Sendiri
  • Setelah terinstall, silahkan buka aplikasi tersebut di HP yang akan dijadikan CCTV. Silahkan lakukan pengaturan-pengaturan sedikit, jika kalian masih kurang memahami silahkan langsung saja geser ke bawah dan klik opsi Start Server
Start Server
Start Server
  • Seperti yang sudah saya jelaskan, HP kalian harus terkoneksi ke jaringan, entah itu jaringan internet ataupun lokal. Jika kalian tidak mempunyai kuota internet maka pakai saja hotspot dari HP (intinya antara HP yang difungsikan sebagai CCTV tersambung dengan HP/komputer yang akan digunakan untuk mengaksesnya). Jika menggunakan hotspot, maka tentu saja tidak memerlukan kuota internet karena yang diakses adalah jaringan lokal, ruang lingkupnya pun terbatas tergantung seberapa kuat dan luas wifi/hotspot tersebut
Device Must Be Connected To Network
Device Must Be Connected To Network
  • Terhubung ke jaringan adalah syarat dari aplikasi agar mendapatkan alamat IP, dan alamat IP tersebut-lah yang akan kita gunakan untuk mengakses CCTV-nya. Berikut contoh jika HP yang menjadi CCTV tidak terkoneksi ke jaringan, maka akan terdapat keterangan No IP Address
No IP Address
No IP Address
  • Sedangkan dibawah ini adalah contoh jika HP yang menjadi CCTV telah terkoneksi ke jaringan, maka IP Webcam akan mendapatkan alamat IP yang dapat kita akses di komputer atau HP lain
IP Address
IP Address

Jika ingin CCTV bisa diakses di jarak/tempat yang jauh, silahkan koneksikan ke wifi yang tersambung ke internet

Jika jangkauan CCTV hanya ingin sebatas kompleks rumah, pakai saja jaringan lokal dengan mengaktifkan hotspot di HP yang dijadikan CCTV (tidak usah pakai data)

  • Jika sudah, buka aplikasi browser di HP yang lain atau menggunakan komputer. Dalam kasus ini saya contohkan menggunakan komputer untuk mengaksesnya, maka kalian tinggal menuliskan alamat IP yang disediakan IP Webcam tersebut pada address bar di browser masing-masing. Disini saya terhubung jaringan lokal (memakai wifi/hotspot sendiri), maka saya tuliskan : http://192.168.43.1:8080. Untuk memulai streaming CCTV, saya rekomendasi Video Render : Flash atau Browser, Audio Player : HTML5 Wav (mau dicoba semuanya juga boleh, tapi saya rekomendasi itu)
Cara Membuat CCTV Dari HP Ke HP Jarak Jauh
Cara Membuat CCTV Dari HP Ke HP Jarak Jauh
  • Selesai sudah!!! Kita dapat memantau keadaan sekitar hanya bermodal HP Android bekas

Nah sob, gampang banget kan caranya?

Memang, karena zaman sekarang banyak hal yang telah dipermudah, apalagi perangkat seperti Android yang bisa dieksplor lebih jauh.

7 Cara Mempercepat Kinerja HP Android Terbukti Ampuh

Penjelasan Menu & Fitur Di Aplikasi IP Webcam

Nah bagi kalian yang belum paham fitur-fitur pada aplikasi IP Webcam atau kurang paham bahasa inggris maka akan saya jelaskan dibawah ini.

Cara Membuat CCTV Dari HP
Cara Membuat CCTV Dari HP

1. Recorder Control : Berfungsi untuk merekam video CCTV ke dalam HP android kalian, untuk merekam dan stop-nya kalian tinggal klik tombol merah yang ada disebelahnya

2. Ini merupakan durasi video yang akan direkam dan disimpan oleh HP Android yang difungsikan menjadi CCTV tersebut

3. Photos :

  • Take Photo : Menangkap foto
  • Take Focused Photo : Menangkap foto dalam keadaan kamera fokus
  • Save Photo To Storage : Menyimpan hasil foto ke dalam penyimpanan
  • Save Focused Photo To Storage : Menyimpan hasil foto yang terfokus ke dalam penyimpanan

4. Pengaturan Kamera :

  • Zoom : Perbesar/perkecil foto/video
  • Stream Quality : Kualitas video dalam streaming CCTV
  • Exposure Compensation : Merupakan fungsi yang secara umum digunakan dalam DSLR. Fungsi ini dapat digunakan dalam fotografi cahaya latar, ketika memotret seseorang yang mengenakan pakaian warna putih atau hitam, serta di banyak situasi lainnya.

5. Misc :

  • Autofocus Hold : Menahan fokus otomatis kamera
  • LED Flashlight : Lampu led flash kamera
  • Overlay : Kemampuan untuk menempatkan grafis satu peta diatas grafis peta yang lain dan menampilkan hasilnya di layar
  • Night Vision : Penglihatan malam

6. Front Camera : Pengaturan kamera depan dan belakang

7. Advanced Settings : Pengaturan lebih lanjut (silahkan anda eksplor sendiri karena disini banyak pengaturan tambahan)

8 Cara Membuat Kamera HP Menjadi Jernih Seperti Baru

Demikianlah sekilas penjelasan mengenai cara membuat cctv dari hp ke hp tanpa internet & tidak memerlukan bluetooth.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tags
Posted by
Balkis Anton Nurohman

Allohumma Sholli ‘Alaa Muhammad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *