Cara Mudah Membuat CCTV Menggunakan HP Android - Aurora Tekno

Aurora Tekno

Belajar Tips Dan Trik Komputer, Android, Dan Pengetahuan Lainnya

Wednesday, June 13, 2018

Cara Mudah Membuat CCTV Menggunakan HP Android

Selamat siang teman-teman semua, puji syukur patut kita panjatkan kehadirat Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada saya agar berbagi ilmu tentang bagaimana cara menggunakan HP Android sebagai CCTV yang dapat diakses dari tempat lain. Sehingga pada kesempatan yang berbahagia kali ini, saya dapat membuat artikel ini sampai selesai, sholawat dan salam harus tetap tercurah kepada nabi kita Muhammad SAW..... Loh kok jadi kaya pidato? 😁..... Hehehe,,, Jangan terlalu kaku ya guys, dibikin luwes aja kaya plastisin😀, yang penting pelajarannya masuk, dibawah ini akan saya jelaskan pengenalannya terlebih dahulu.

Oke mari kita bahas lebih dalam sebelum masuk ke cara membuat CCTV menggunakan HP Android. Dalam keadaan mendesak, misalnya ketika kita ingin meninggalkan ruangan/tempat yang terdapat barang-barang penting dan mungkin takut terhadap orang-orang jail serta tidak ada pengaman sama sekali diruangan tersebut, bahkan tidak ada CCTV sekalipun, maka kita bisa memanfaatkan HP Android kita sebagai alternatif alat untuk digunakan sebagai CCTV. Caranya sangat mudah, kita bisa memanfaatkan aplikasi yang disediakan gratis di playstore.

Saran saya disini sebaiknya gunakan HP Android yang tidak terlalu bagus, biar apa? Kenapa nggak boleh yang bagus? Kembali kepada selera masing-masing, kalau tidak mau terima resiko yang besar terhadap HP Android yang bagus tadi ya nggak usah pakai yang bagus. Perlu dipertegas lagi, ini hanya sebagai Alternatif, bukan sebagai cara utama karena HP Android tidak dikhususkan untuk CCTV. Tapi kita bisa memanfaatkan HP kita ketika keadaan mendesak, tentunya kalian paham apa yang saya maksud. 

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan HP Android kita untuk CCTV, antara lain :
1. Pastikan baterai HP Android kita tidak terlalu boros, atau jika memang sangat mendesak kita bisa memakai charger yang di hubungkan (dipanjer) ke sumber listrik secara terus menerus jika ingin menggunakan CCTV dengan jangka waktu yang lama (Opsional)
2. Pastikan HP Android kita terhubung ke jaringan (Wajib). Kalau ini tergantung kebutuhan, jika kita ingin mengakses CCTV tersebut dari tempat yang jauh tentunya kita butuh jaringan/koneksi internet agar kita bisa masuk ke CCTV tersebut. Namun jika kita ingin mengakses CCTV tersebut dari tempat yang jaraknya lumayan dekat, misalnya dipasang di depan rumah kita tidak harus menggunakan internet, cukup pakai wifi terdekat yang ada, atau mungkin mengaktifkan hotspot (tethering) di HP tersebut. Jika HP Android tersebut tidak dihubungkan ke jaringan maka tidak akan bisa diakses dari perangkat manapun.
3. Letakkan HP Android yang digunakan untuk CCTV tersebut di tempat yang aman dan tidak mudah diketahui orang (Opsional)
4. Sediakan kapasitas yang cukup untuk menyimpan rekaman CCTV tersebut (jika kalian ingin menyimpan rekaman hasil CCTV), tambahkan kartu sd jika penyimpanan tidak memadai (Opsional)
5. Pastikan notifikasi dan dering dimatikan (Opsional). Bayangkan saja, ketika HP tersebut sedang difungsikan untuk CCTV ternyata tiba-tiba HP tersebut berdering karena alarm yang aktif, gimana coba?

Cara Membuat CCTV Menggunakan HP Android :
  • Pertama kalian download dulu aplikasi-nya yaitu IP Webcam dari playstore atau kalian bisa download Disini. Kira-kira tampilannya seperti dibawah ini, gambar dibawah saya potret dari komputer, namun tampilan ikon aplikasi-nya mirip seperti ini. Tersedia juga yang IP Webcam Pro di playstore namun berbayar.
Aplikasi IP Webcam Di Android
  • Setelah terinstall silahkan buka aplikasi tersebut pada HP yang akan dijadikan CCTV. Dan silahkan lakukan pengaturan-pengaturan sedikit, jika kalian kurang memahami silahkan langsung saja geser ke bawah dan klik opsi "Start Server"
Klik Start Server
  • Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, HP kalian harus terkoneksi ke jaringan, entah itu jaringan internet ataupun lokal. Jika kalian tidak mempunyai kuota internet maka pakai saja hotspot dari HP kalian (intinya antara HP yang difungsikan sebagai CCTV tersambung dengan HP/komputer yang akan kalian gunakan untuk mengaksesnya). Tentu saja jika kalian akan menggunakan hotspot maka tidak memerlukan kuota internet karena yang diakses adalah jaringan lokal, ruang lingkupnya pun terbatas tergantung seberapa kuat dan luas wifi/hotspot tersebut.
Perangkat Harus Terhubung Ke Jaringan
  • Terhubung ke jaringan adalah syarat dari aplikasi agar mendapatkan alamat IP, alamat IP tersebutlah yang akan kita gunakan untuk mengakses CCTV-nya. Berikut contoh jika HP yang menjadi CCTV kalian tidak terkoneksi ke jaringan, maka akan terdapat keterangan "no ip address"
No IP Address Ketika Jaringan Tidak Terhubung
  • Sedangkan dibawah ini adalah contoh jika HP yang menjadi CCTV kalian telah terkoneksi ke jaringan, maka IP Webcam akan mendapatkan alamat IP yang dapat kita akses di komputer atau HP lain.
Setelah Terhubung Ke Jaringan IP Address Akan Muncul
  • Setelah itu kalian buka aplikasi browser di HP yang lain atau menggunakan komputer. Dalam kasus ini saya contohkan menggunakan komputer untuk mengaksesnya, maka kalian tinggal menuliskan alamat IP yang disediakan IP Webcam tersebut pada address bar di browser masing-masing. Disini saya terhubung jaringan lokal (memakai wifi/hotspot sendiri), maka saya tuliskan : http://192.168.43.1:8080. Untuk memulai streaming CCTV, saya rekomendasi Video Render : Flash atau Browser, Audio Player : HTML5 Wav (mau dicoba semuanya juga boleh, tapi saya rekomendasi itu).
Tampilan CCTV Dari Browser Komputer
  • Selesai sudah, kita dapat memantau keadaan sekitar dengan menggunakan HP Android kita. Mudah sekali bukan? Memang mudah, karena zaman sekarang banyak hal yang telah dipermudah, apalagi perangkat seperti android yang bisa dieksplor lebih jauh.
Catatan :
Bagi kalian yang belum paham fitur-fitur yang disediakan IP Webcam atau kurang paham bahasa inggris maka akan saya jelaskan dibawah ini.
Fitur Yang Tersedia Di IP Webcam
1. Recorder control : Berfungsi untuk merekam video CCTV ke dalam HP android kalian, untuk merekam dan stop-nya kalian tinggal klik tombol merah yang ada disebelahnya.
2. Ini merupakan durasi video yang akan direkam dan disimpan oleh HP Android yang difungsikan menjadi CCTV tersebut.
3. Photos :
  • Take photo : Menangkap foto
  • Take focused photo : Menangkap foto dalam keadaan kamera fokus
  • Save photo to storage : Menyimpan foto ke dalam penyimpanan
  • Save focused photo to storage : Menyimpan foto yang terfokus ke dalam penyimpanan
4. Pengaturan kamera :
  • Zoom : Perbesar/perkecil foto/video
  • Stream Quality : Kualitas video dalam streaming CCTV
  • Exposure Compensation : Merupakan fungsi yang secara umum digunakan dalam DSLR. Fungsi ini dapat digunakan dalam fotografi cahaya latar, ketika memotret seseorang yang mengenakan pakaian warna putih atau hitam, serta di banyak situasi lainnya.
5. Misc :
  • Autofocus hold : Menahan fokus otomatis kamera
  • LED Flashlight : Lampu led flash kamera
  • Overlay : Kemampuan untuk menempatkan grafis satu peta diatas grafis peta yang lain dan menampilkan hasilnya di layar
  • Night Vision : Penglihatan malam
6. Front camera : Pengaturan kamera depan dan belakang
7. Advanced Settings : Pengaturan lebih lanjut (silahkan anda eksplor sendiri karena disini banyak pengaturan tambahan)

Itulah cara membuat CCTV menggunakan HP Android serta penjelasannya. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil. Nantikan postingan-postinngan terbaru dari saya, bila ada kesulitan silahkan berkomentar. Diujung kalimat ini admin mohon pamit, sampai jumpa lain waktu

No comments:

Post a Comment