author photo
Ketahuilah 12 Bahaya Radiasi HP/Ponsel Bagi Kesehatan
AURORATEKNO.COM ~ Lama tak jumpa teman-teman semua, mohon maaf karena admin sedang disibukkan oleh acara-acara akhir tahun akhirnya vakum juga, ya kalian tahu sendiri gimana kalo akhir tahun berlangsung.

Sengaja saya selipkan di kesibukan ini agar lebih ada manfaatnya dengan kita berbagi ilmu kepada orang lain. Oke, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang pengaruh radiasi HP bagi kesehatan.

Pengaruh radiasi yang ditimbulkan oleh HP perlu diwaspadai, apalagi efeknya pada kesehatan kita. Ingat, sehat itu murah kalau kita bisa menjaganya, tapi sehat bisa jadi sangat mahal bahkan tak ternilai harganya jika kita tak bisa menjaganya.

Sebuah Ponsel / HP memiliki gelombang elektromagnetik sejenis dengan radiasi non ionisasi yang memiliki level golongan rendah yaitu memiliki tingkat SAR (Specific Absorption Rate) dibawah 1,6 watt/kg.

Apa artinya? Artinya HP masih aman untuk digunakan di dalam kehidupan sehari-hari, namun jika digunakan secara terus menerus tanpa mengenal batas waktu maka pancaran radiasi yang ditimbulkan HP akan menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan tubuh, zaman sekarang mana ada yang tidak memakai HP android?

Sangatlah jarang, lebih mirisnya ketika anak-anak yang masih perlu pendidikan karakter malah sudah diperbolehkan mengenal yang namanya HP.

Di sisi kesehatan tentunya berbahaya, apalagi sistem kekebalan tubuh anak-anak belum sempurna dan masih rentan, di sisi lain juga merusak moral oleh dunia yang semakin  tak terkendali, bukan mengada-ada tapi ini fakta.

Tak heran jika ponsel disebut SmartPhone, karena secara tidak langsung perangkat tersebut telah mengendalikan jutaan manusia yang memakainya, bukan lagi untuk sebuah kebutuhan, tapi untuk kesenangan belaka.

Dan kadangkala kesenangan tersebut dibuat menyimpang. Baik menyimpang secara moral, kenyataan maupun agama atau mungkin yang lainnya.

Ya kalau udah begini jangan menyalahkan orang lain, kembali ke diri kita masing-masing. Mulailah dari diri kita bagaimana cara menyikapi masalah tersebut, bagaimana menjadi pengguna yang sehat.

Jika ponsel sudah diberi julukan SmartPhone maka kita juga harus jadi SmartPeople, jangan mau kalah dongg....

Berikut Beberapa Efek Dari Radiasi HP Yang Ditimbulkan Terhadap Kesehatan Kita :

1. Merusak ginjal

Menyimpan ponsel di saku dekat organ ginjal dapat mengganggu kinerja ginjal. Paparan radiasi yang disebabkan oleh ponsel tersebut yang secara terus menerus dapat menyebabkan ginjal terasa sakit karena kemampuan ginjal dalam menyaring cairan tubuh menjadi semakin tidak lancar.

Secara bertahap gelombang radiasi negatif dapat masuk ke pembuluh darah ginjal. Tolak ukurnya adalah seberapa sering kita mengoperasikan HP setiap hari dalam jangka waktu yang panjang.

2. Menyebabkan Gangguan Telinga

Saat melakukan panggilan/telepon, jika kita sering menggunakan ponsel sampai terasa panas, maka efek panas tersebut akan mengganggu saraf pendengaran bagian dalam.

Radiasi yang begitu kuat masuk kedalam telinga menyebabkan telinga menjadi gatal dan mengurangi kemampuan pendengaran kita

3. Tubuh Mudah Lelah

Nah ini yang sering ditemukan dikalangan kita, saat sore atau setelah bekerja kadangkala kita mengalami kelelahan yang tidak wajar, bahkan di hari libur yang bersantai-santai dirumah (mungkin efek dari kurangnya kegiatan juga).

Menggunakan HP selama berjam-jam akan membuat radiasi memancar ke saraf-saraf seputar kepala dan menyebabkan wajah menjadi tegang dan tidak rileks.

Aliran darah menjadi tersendat-sendat, cairan tubuh menjadi berkurang dan akhirnya membuat kondisi tubuh menjadi mudah lelah dan kurang energi.

4. Gangguan Tidur

Sebuah ponsel secara tidak sadar kadang membuat kita kecanduan, efek dari seringnya menggunakan aplikasi atau game tertentu akan memicu sesorang terserang rasa gelisah yang berlebihan, panik, bahkan kesulitan untuk tidur.

Selain itu, sebuah layar ponsel pintar (SmartPhone) memiliki cahaya biru yang dapat mengganggu tidur seseorang, parahnya lagi cahaya biru ini dapat merusak mata kita.

5. Sakit Kepala Berulang

Saat kita tidur, tak jarang dari kita yang meletakkan HP terlalu dekat dengan kepala kita sehingga dapat menyebabkan masuk dan berkumpulnya energi negatif ke dalam otak kita dan membuat kita muntah-muntah, tubuh terasa tidak nyaman, sakit kepala yang berulang dan menyebabkan vertigo (sakit kepala dengan perasaan seperti berputar-putar)

6. Gangguan Seksual

Bagi pria yang sering menyimpan HP di dalam saku kalian, ketahuilah bahwa radiasi HP dapat mengganggu kelancaran peredaran darah di sekitar alat reproduksi pria dan bahkan menurunkan kualitas sperma.

Radiasi ini cepat ataupun lambat akan menyebabkan gairah seksual terus menurun, seorang pria dewasa yang sehat terancam mengalami kemandulan jika melakukan kebiasaan ini secara berlebihan dan tidak dikurangi.

Hal ini telah dibuktikan berdasarkan beberapa penilitian yang dilakukan oleh para dokter.

7. Kanker Payudara

Nah kalau diatas efek samping yang signifikan bagi pria, sekarang adalah efek yang juga fatal bagi kaum hawa.

Pasalnya, kebiasaan mengaktifkan HP dan disimpan pada saku dapat menyebabkan radiasi menembus jaringan kelenjar susu yang memicu pertumbuhan sel kanker pada jaringan payudara.

Paparan yang terjadi secara terus-menerus selama bertahun-tahun mampu menumbuhkan sel kanker dan memicu kanker payudara.

Walaupun terjadi pada wanita, seorang pria pun harus tetap waspada, karena penyakit yang ditimbulkan bukan hanya satu jenis, mungkin bagi wanita akan menyebabkan masalah seperti ini lalu bagi pria mungkin juga akan menyebabkan masalah lain, begitupun sebaliknya.

8. Menyebabkan Tumor Otak

Radiasi ponsel dapat mempengaruhi terbantuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar. Pada umumnya, tumor otak menyerang orang dewasa pada usia produktif, tapi tidak sedikit juga tumor otak yang menyerang pada anak-anak. Ini juga salah satu akibat dari HP yang terlalu dekat dengan kita saat kita tidur.

9. Serangan Jantung

Saat anda menyimpan HP pada saku atas (dekat dengan jantung) atau bahkan saat tidur terlalu dekat dengan HP, maka otot-otot jantung akan mengalami tekanan.

Aliran darah yang tertuju ke organ jantung akan tersendat dan denyut jantung menjadi tak beraturan, hal ini juga akan menyebabkan seseorang menjadi lemah jantung dan mudah terkejut.

10. Kanker Kulit

Lagi-lagi radiasi HP dapat meningkatkan suhu pada permukaan kulit dan secara tidak langsung mengubah pigmentasi kulit.

Suhu yang mengenai kulit sampai 4,7 derajat celcius yang apabila terus menerus terpancar maka akan megubah sel tubuh mengalami perubahan karakter menjadi sel kanker, sel kanker tersebut adalah pemicu munculnya kanker kulit.

11. Kerusakan DNA

Kerusakan DNA didalam sel tubuh merupakan akibat dari radiasi yang terpapar selama puluhan tahun, reaksi yang ditimbulkan dan menyebabkan kelainan tubuh berawal dari mudahnya tubuh kelelahan, sering sakit, mudah terserang flu dan sakit kepala luar biasa.

12. Berpotensi Terserang Alzheimer

Menggunakan ponsel selama berhari-hari, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun akan menyebabkan radiasi (lagi-lagi radiasi) yang langsung masuk ke liang telinga dan menyebar ke jaringan otak paling dalam.

Dan akan membuat seseorang menjadi sering lupa, linglung, kebingungan, sulit berkonsentrasi, dan daya ingat menjadi berkurang. Apabila kondisi ini terus menerus berlanjut, maka akan menyebabkan penyakit Alzheimer.


Baca Juga : Cara Mengatasi Radiasi Yang Ditimbulkan Oleh Ponsel

Itulah bahaya radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel bagi kesehatan kita, sangat penting bagi kita untuk membatasi penggunaan ponsel dalam kehidupan sehari-hari jika kita masih sayang terhadap tubuh kita.

Saya pun masih berusaha untuk memperbaikinya walaupun sulit karena teknologi sudah melekat di kehidupan kita dan sudah menjadi salah satu kebutuhan kita, tapi setidaknya kita berusaha dan selalu memperbaiki diri. Sekian ilmu dari saya, semoga bermanfaat, silahkan sebarkan jika dirasa perlu.

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post