author photo
Cara Menghindari Bahaya Radiasi Yang Ditimbulkan Oleh HPSetelah postingan saya yang sebelumnya yaitu 12 Bahaya Radiasi Ponsel Bagi Kesehatan kali ini saya akan membahas tips dan bagaimana cara kita menghindari bahaya yang ditimbulkan oleh radiasi ponsel kita. Untuk tips ini perlu dilakukan sungguh-sungguh dan tetaplah konsisten dalam menjalaninya, jangan saat waktu ingat saja.... Niatilah dan tanamkan dalam hati kita bahwa kesehatan itu sangatlah penting sehingga kita selalu teringat untuk menjaganya, memang hidup mati itu di tangan Tuhan, tapi kita masih bisa memilih mati dalam keadaan sehat atau separuh umur kita hanya digunakan untuk sakit-sakitan saja, naudzubillah....

Semua bahaya radiasi ponsel dapat di minimalisir dengan sebuah tips yang akan saya bagikan, tetapi semuanya ada di tangan anda, mau tidak mau kita harus mengurangi pemakaian ponsel yang berlebihan, pakailah sewajarnya saja. Mulailah secara bertahap, kita tidak bisa langsung menghilangkan teknologi dalam keseharian begitu saja, butuh waktu dan tentunya secara bertahap apalagi bagi seseorang yang punya kesibukan di dunia maya,, semua bisnis ada didalamnya.

Berikut Cara Menghindari Bahaya Radiasi Ponsel :

1. Menyimpan HP pada tas dan bukan saku

Agar efek radiasi sedikit menurun kita bisa menyimpan ponsel di tas dan tidak di saku, gelombang elektromagnetik dapat menembus kain atau baju yang kita pakai dan langsung berkontak dengan tubuh kita, setidaknya menyimpan ponsel di dalam tas dapat sedikit menghambat radiasinya yang langsung masuk ke tubuh kita.

2. Jangan menggunakan ponsel saat sinyal lemah

Saat ponsel kita kehilangan/kekurangan sinyal maka ponsel akan bekerja lebih ekstra, dan tentunya radiasi yang ditimbulkan akan semakin meningkat, selain itu terkadang akan menyebabkan ponsel menjadi panas bahkan boros baterai.

3. Gunakan HP di luar rumah/ruangan

Seperti penjelasan diatas yaitu jangan menggunakan ponsel saat sinyal lemah dapat membuat radiasi semakin kuat, maka kita perlu menggunakan ponsel di luar ruangan agar ponsel lebih mudah dalam menangkap sinyal, maka bahaya radiasi pun semakin menurun

4. Jangan menelpon terlalu lama

Inilah yang sering dilakukan remaja jaman sekarang, menelpon seorang pacar atau saudara (misalnya) dengan waktu yang relatif lama. Padahal studi/penelitian membuktikan bahwa saat menelpon radiasi yang ditimbulkan sangatlah kuat, saya pernah baca kira-kira seperti ini penelitiannya : jika 4 ponsel didekatkan, ditengahnya disediakan kertas lalu semua ponsel menerima panggilan maka kertas tersebut dapat terbakar dalam beberapa menit/detik, bayangkan! itu kertas! dan kita itu manusia!

5. Menggunakan ponsel dengan 2 telinga secara bergantian

Jika benar-benar mendesak saat menelpon seseorang, misalnya kangen keluarga dan butuh waktu relatif lama. Maka kita bisa mengurangi efek radiasi yang ditimbulkan dengan cara menggunakan 2 telinga secara bergantian. Ini akan menetralisir bahaya radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel yang masuk melalui rongga telinga dan saraf-saraf kepala.

Karena jika kita hanya menggunakan satu telinga saja ketika bersinggungan dengan HP maka suhu akan semakin mengingkat di sekitar telinga, paparan radiasi akan menumpuk pada satu telinga saja yang mungkin menyebabkan seseorang merasakan panas, telinga akan berdengung dan pendengaran pun semakin berkurang.

6. Mengaktifkan Loudspeaker

Selain menggunakan 2 telinga secara bergantian, hal ini juga sangat penting yaitu mengaktifkan loudspeaker agar suara lebih keras sehingga kita tak perlu mendekatkan ponsel ke kepala kita, alhasil radiasi pun dapat sedikit diminimalisir.

7. Lebih baik mengirim pesan jika tidak terlalu darurat

Jika memang tidak terlalu darurat, kita lebih baik mengirim pesan saja daripada menelpon seseorang. Selain lebih jelas kita dapat lebih lancar untuk berkomunikasi daripada telpon yang terputus-putus misalnya.

8. Menginstall aplikasi filter mata

Nah ini juga sangat penting dilakukan untuk kesehatan mata kita, apalagi bagi kita yang sering menggunakan ponsel di dalam gelap/kurang cahaya atau bahkan saat lampu dimatikan. Tentunya ini snagat berbahaya karena cahaya yang diterima adalah total dari layar ponsel kita yaitu cahaya biru yang dapat merusak mata. Dengan menginstall aplikasi filter mata, ini akan mengurangi pancaran yang ditimbulkan oleh layar ponsel kita, banyak sekali aplikasi gratis yang disediakan di playstore misalnya eye filter, eye care, atau bahkan di asus ada fitur bawaan yaitu bluelight filter.

9. Menggunakan Mode Pesawat/Penerbangan

Ini adalah hal yang paling sering saya lakukan, khususnya saat ponsel saya simpan di dalam saku, karena tidak memungkinkan untuk disimpan di dalam tas, saat tidur dan bahkan hampir setiap saat, saya menggunakan mode pesawat agar seluruh sinyal terputus dan tentunya menghambat radiasi sinyal yang ditimbulkan. Bahkan saya dulu salah satu orang yang paling susah dihubungi, walaupun saya sering dimarahi bos tapi saya punya alasan yang jauh lebih penting dari semua itu, maka saya tetap pada pendirian. Bagi kalian, silahkan ambil sisi positifnya saja.

10. Menonaktifkan HP pada malam hari

Selain menggunakan mode pesawat, menonaktifkan HP pada saat malam hari akan lebih efektif karena kita tidak akan terganggu dengan adanya HP, jangan lupa juga untuk menjauhkannya dari tubuh anda.

Baca Juga : 11 Tips Sehat Saat Bekerja Di Depan Komputer Dalam Jangka Waktu Yang Lama

Lakukanlah semua hal diatas dengan konsisten, hal tersebut dapat mengurangi dampak radiasi yang dapat merusak tubuh kita, walaupun tak bisa dipungkiri bahwa pengguna HP bukan hanya kita saja, tetangga, teman-teman kita pun menggunakannya, dan masing-masing punya kesibukan yang berbeda, oleh sebab itu maka mulailah dari hal kecil, dari kita, dan sekarang juga, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post