Cara Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri Sendiri - Aurora Tekno

Aurora Tekno

Belajar Tips Dan Trik Komputer, Android, Dan Pengetahuan Lainnya

Saturday, April 28, 2018

Cara Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri Sendiri

Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri SendiriBagaimana jika saat kalian sedang bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama lalu tiba-tiba komputer restart atau mati sendiri, sedangkan kalian belum menyimpan hasil pekerjaan yang telah kalian kerjakan? Tentunya sangat kesal dan mungkin ada sedikit rasa putus asa, untuk menghindari hal tersebut, maka kalian perlu membaca dan melakukan apa yang admin tulis di postingan kali ini. Sebenarnya hal ini sangat mudah dilakukan, tetapi kita harus mendiagnosa satu-per satu apa yang menjadi penyebab komputer restart sendiri. Admin akan jelaskan mulai dari hal paling dasar yang perlu kalian lakukan, jangan lupa berdoa ya...... 😊

Pada umumnya, komputer yang restart sendiri yaitu karena telah kelebihan kapasitas, dengan beban yang tidak seimbang maka komputer akan down lalu merestart sistemnya sendiri, kapasitas apa maksudnya? Kapasitas yang saya maksud disini bermacam-macam, mulai dari kapasitas RAM, Harddisk, Serta Kapasitas perangkat keras lain yang mendukung komputer seperti motherboard dan processor. Lalu apakah kita akan mengecek satu-per satu perangkat kerasnya? Tidak!!! Kita cukup analisa penyebab dari restart komputer tersebut melalui diagnosa dari windows itu sendiri tanpa memperhatikan kualitas perangkat kerasnya, tapi kita akan sedikit menyinggung mengenai perangkat keras-nya juga, karena salah satu sumber masalah ada pada komponen perangkat kerasnya. Jika sudah berbicara perangkat keras, solusi terakhir adalah ganti komponen, tentu saja solusi itu sangat menyebalkan untuk dibaca, hehehe.... Setidaknya kita paham dimana letak kerusakannya dan mencobanya sebelum diserahkan ke tukang service.
Cara Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri :

1. Cek kapasitas Harddisk tempat anda menginstall sistem operasi/windowsnya
Pada umumnya, termasuk kasus yang saya alami belakangan-belakangan ini, saya mendapati pengguna komputer yang kurang peduli terhadap penyimpanan file-file di dalam partisi dimana sistem operasi terinstall, apa maksudnya? Maksudnya, orang-orang tersebut sering menyimpan file-file besar ataupun file kecil ke dalam Documents, Downloads, Desktop, Pictures maupun Videos tanpa memperhatikan kapasitas disk tersebut.

Memangnya kenapa sih, kan komputer punya saya, mau saya apakan terserah saya dong? Memang betul begitu, mau dibanting juga boleh, hehehe, bercanda.... Secara tidak sadar file yang kita simpan di dalam folder tersebut akan membuat kapasitas harddisk penuh dan sistem operasi seperti windows tidak akan berjalan normal, karena file yang disimpan di Documents, Downloads, Desktop tersebut akan tersimpan di partisi C: (atau tempat dimana anda menginstall sistem operasi), dan ketika kapasitas di C: (tempat anda install sistem operasi) dibawah 15 GB (normalnya) maka komputer akan sering restart sendiri.

Sekedar berbagi pengalaman, saya punya teman yang suka main game online dan mengalami masalah yang sama yaitu komputer restart sendiri saat main game online, padahal spesifikasi komputer itu lumayan tinggi. Pernah suatu hari dia sedang mengetik makalah sampai larut malam dan dokumen tersebut belum di save, tiba-tiba saja komputernya restart sendiri. Lalu dia kesal dan minta saya untuk mengecek, pertama kali yang saya cek adalah kapasitas disk C-nya. Dan ternyata benar, kapasitas di C: tersebut sudah penuh dan hanya tersisa/free space 4 GB saja. Maka saya pun memindah data seperti film, dokumen, data di desktop dan lain-lain ke lain partisi, saat itu saya pindah di E. Setelah itu saya restart komputer tersebut dan menyuruh dia main game online lagi, lah kok nyuruh-nyuruh, memangnya siapa kamu!! Hehe,,,

Lalu setelah beberapa hari tak ada masalah komputer restart sendiri. Perlu diketahui, sisakan kapasitas drive C atau tempat dimana anda menginstall sistem operasi minimal 17 GB (agar aman), atau setidaknya drive tersebut tidak berwarna merah agar sistem berjalan dengan lancar. Lihat disk dibwah ini, ada 15 GB Free Space dan masih saja berwarna merah (Mungkin perhitungan disini minimal 20% dari kapasitas aslinya), tapi agar aman sisakan free space sekitar 15-17 GB. Lagipula kita bisa menyimpan file ditempat lain, atau menambah kapasitas C bila perlu.
Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri Sendiri
Kapasitas Disk Hampir Penuh

2. Setting Off Automatically Restart
Nah setelah kalian melakukan cara diatas namun tidak membuahkan hasil, maka lakukan solusi kedua yang admin paparkan disini. Yaitu Menonaktifkan Automatically Restart agar saat komputer mengalami crash/dump tidak akan restart sendiri. Dan setelah anda melakukan langkah ini, anda harus melakukan langkah ke 3, sebelum lanjut ke langkah ke-3 mari kita simak bagaimana cara menonaktifkan automatically restart-nya :
  • Buka Windows Explorer seperti biasa dengan menekan tombol Start+E, setelah itu klik kanan pada My Computer/This PC dan pilih properties
Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri Sendiri
Membuka System Properties
  • Pilih "Advanced system settings"
Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri Sendiri
Pilih Advanced System Settings
  • Masuk ke "System and Recovery" dan klik Settings
Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri Sendiri
Masuk Ke Settings Pada Startup And Recovery
  • Hilangkan ceklist pada "Automatically Restart" lalu klik Ok
Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri Sendiri
Nonaktifkan Automatically Restart

3. Cek program yang berjalan (Task Manager)
Lanjut ke langkah ke-3, mengapa tadi saya rekomendasikan melakukan langkah ke-3 setelah melakukan langkah ke-2? Salah satu tujuannya agar komputer tidak selalu restart saat kita melakukan langkah ke-3, kalaupun masih saja restart berarti masalahnya bukan karena disk atau karena crash, tetapi karena hal lain dan penjelasan ada pada bahasan selanjutnya.

Pada diagnosa ini, kita perlu  memantau program yang berjalan di task manager, mengapa perlu? Karena kita akan tahu apa saja program yang membuat memori/RAM menjadi over capacity / kelebihan kapasitas, nah ini jadi salah satu hal yang memicu komputer menjadi restart sendiri. Bisa saja sebuah virus menggandakan diri menyebabkan RAM menjadi penuh, selain RAM ada lagi yang perlu diperhatikan, yaitu CPU dan Disk.

Kita bisa melihat presentase di task manager mengenai CPU/Processor, Disk/Harddisk dan Memori/RAM digunakan. Bila CPU & RAM mencapai 100% lalu tidak mau turun, maka ada masalah yaitu terlalu banyak program yang berjalan dan kita harus menutupnya, saya punya contoh screenshot di bawah. Kecuali disk, disk memang sering mencapai 100% tapi 15 menit atau 5 menit kemudian akan normal, kalau lebih dari kurun waktu tersebut maka disk bermasalah.
Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri Sendiri
Memori Terpakai 98% Oleh Beberapa Aplikasi
Nah bisa dilihat pada gambar diatas, memori terpakai hampir penuh. Dan bila sering terjadi begitu jangan heran kalau komputer anda mengalami restart secara terus menerus. Cukup klik saja aplikasi yang akan di hentikan lalu klik end task pada pojok kanan bawah kotak dialog task manager tersebut.

4. Cek RAM fisik
Nah ini adalah permasalahan yang paling sering terjadi pada umumnya, yaitu RAM kotor atau sudah usang. Solusinya adalah lepas RAM dan bersihkan pin (yang berwarna kuning) dengan penghapus, jangan sampai kena tangan karena pin tersebut akan menjamur karena keringat dari tangan kita. Bila RAM sudah usang maka komputer akan mati dan monitor hanya berkedip-kedip, maka kita harus menggantinya. Perlu diketahui RAM adalah salah satu komponen komputer yang paling mudah rusak.

Baca juga : Mengatasi Komputer Yang Mati Total atau Monitor Berkedip - Kedip

Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri Sendiri
Membersihkan Pin Pada RAM Dengan Penghapus

5. Cek Daya Power Supply
Ini juga salah satu hal yang sering dialami pada umumnya, yaitu pemasok daya telah rusak atau kapasitas yang terlalu kecil untuk menopang kebutuhan daya dari sebuah komputer. Khusus untuk hal ini, solusinya tidak lain hanyalah mengganti power supply tersebut dengan daya yang lebih tinggi, cek juga listrik dari PLN stabil atau tidak.
Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri Sendiri
Power Supply

6. Fan processsor mati atau pendingin tidak berfungsi dengan baik
Ini adalah tahapan selanjutnya bila solusi diatas tidak membuahkan hasil, fan/kipas yang berada di atas processor sangat berpengaruh pada suhu processor, selain itu ada pendingin yang berada dibawah kipas tersebut, penghantar panas ke pendingin adalah thermal pasta. Bila fan processor tidak berfungsi atau pasta telah kering maka akan menyebabkan processor panas dan komputer akan restart sendiri. Maka kita harus memastikan fan berputar dengan baik dan tentunya mengganti thermal pasta bila sudah kering.
Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri Sendiri
Fan Processor
Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri Sendiri
Thermal Pasta Yang Dioleskan Ke Processor

7. VGA Card kotor atau rusak
Nah jika anda menggunakan VGA Card ini perlu diperhatikan juga, sama seperti RAM, jika pin kotor atau VGA rusak maka komputer akan restart sendiri bahkan tidak sampai ke tampilan desktop anda. Solusinya sama seperti tahap nomor 4, jika VGA Card anda sudah modern (yang sudah menggunakan fan) cek juga fan masih berfungsi atau tidak, pengalaman saya saat komputer restart terus menerus dan akhirnya tidak mau hidup sama sekali penyebabnya tidak lain adalah VGA Card. Saat itu saya lepas dari board dan ternyata kondisinya panas sekali, saya baru sadar ternyata VGA Card tersebut sudah konslet.. 😁
Mengatasi Komputer Yang Tiba-Tiba Restart Atau Sering Mati Sendiri Sendiri
VGA Card

8. Cek Motherboard
Ini adalah langkah sekaligus diagnosa terakhir, untuk mengecek motherboard saya sediakan link video dibawah. Ketika motherboard sudah rusak atau bahkan konslet maka ini jadi salah satu penyebab komputer restart terus menerus. Solusinya anda harus bongkar dan ikuti video tutorial dibawah ini :

Baca Juga : 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya

Itulah langkah-langkah mengatasi komputer yang tiba-tiba restart atau sering mati sendiri. Bila ada pertanyaan silahkan lontarkan di kolom komentar, sekian artikel hari ini yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Nyesel Nggak Baca!!! Inilah 7 Manfaat Membuat File Menjadi RAR