Mengatasi Gagal Copy File "Can't Read From The Source File Or Disk" Dan Penjelasan Lengkap - Aurora Tekno

Aurora Tekno

Belajar Tips Dan Trik Komputer, Android, Dan Pengetahuan Lainnya

Mengatasi Gagal Copy File "Can't Read From The Source File Or Disk" Dan Penjelasan Lengkap

Selamat siang agan-agan semua, pada kesempatan ini saya akan berbagi solusi untuk mengatasi error copy file seperti yang saya alami kemarin. Saat itu saya mencopy VHD UNBK yang berukuran 19 GB ke partisi lain dan juga ke dalam Harddisk Eksternal, namun saya mendapati pesan error seperti ini "Can't read from the source file or disk". Padahal saya sudah menunggu lama untuk copy file berukuran 19 GB itu, tapi tiba-tiba berhenti saat file yang dicopy tinggal 5 GB saja. Berikut penampakan errornya :
Error Copy File
Karena saya berhasil menyelesaikannya, maka saya ingin share ilmu agar bermanfaat bagi orang lain. Sebelum lanjut ke solusinya, seperti biasa kita bahas lebih dalam. Bagi yang ingin langsung ke solusi silahkan scroll ke bawah, tenang saja saya paham sebagian orang ada yang pusing dan ingin langsung ke solusinya 😄, maka saya beri judul per bahasan agar lebih jelas.

Apa penyebab gagal copy file?
Sebenarnya penyebab gagal copy file bermacam-macam mulai dari disk tujuan yang error, file yang sudah corrupt/rusak, flashdisk atau harddisk eksternal yang kurang menancap / port sudah longgar jadi terputus ditengah jalan, tipe file system pada disk yang tidak sesuai, dan lain sebagainya. Tapi yang perlu diperhatikan adalah, semua error mempunyai pesan masing-masing. Jadi tidak usah panik, kalian baca saja pesan error-nya lalu diagnosis, bila tidak mampu diagnosis sendiri tenang saja masih ada admin yang mau berbagi ilmu, tinggal cari saja artikelnya, hehehe... 

Di artikel ini saya akan menjelaskan beberapa solusi bagi yang mengalami error seperti yang saya screenshot diatas (mohon maaf saya coret nama filenya, karena itu kode server yang sifatnya rahasia). Dan khusus untuk yang copy file mengalami error "The File Is Too Large For The Destination File System" silahkan baca Mengatasi Error The File Is Too Large For The Destination File System Serta Penjelasan Lengkapnya.

Oke sekarang lanjut ke topik petang, eh topik utama pada judul diatas maksudnya, hehe. Penyebab gagal copy pada kasus ini karena rusaknya harddisk atau biasa disebut bad sector, apa itu bad sector? Bad sector merupakan kerusakan pada harddisk karena goresan head yang mungkin terjadi karena komputer tiba-tiba mati karena listrik padam atau mati paksa atau bahkan kemampuan harddisk sudah diujung usia pemakaian. Harddisk merupakan perangkat yang sangat sensitif, saking sensitifnya cakram harddisk itu tidak boleh terkena angin. Wah angin saja nggak boleh apalagi tergores head yang berfungsi membaca harddisk itu sendiri.

Tapi tenang saja, windows telah menyediakan fitur error checking yang bisa dilaksanakan melalui banyak cara. Namun bukan berarti kita bebas mematikan paksa komputer kita walaupun windows menyediakan fitur tersebut, itu hanya solusi saat darurat. Karena jika bad sector sudah parah ya relakan saja data-data anda, paling-paling harddisk di lembiru (Lempar ganti yang baru). Memang masih ada cara untuk recovery data walaupun harddisk sudah parah, kedepannya mungkin akan saya jelaskan, namun perlu diketahui juga bahwa tingkat keberhasilannya pun kecil karena saya pernah melakukannya.

Oke daripada bahasan saya semakin melebar saya sempitkan lagi ruang lingkupnya. Intinya file yang disimpan tadi berada di titik bad sector sehingga file tersebut tidak dapat dicopy dan selalu gagal. Apalagi di dalam kasus yang saya alami, file tersebut berukuran besar yaitu 19 GB, bersar kemungkinan file tersebut tersimpan di sektor disk yang rusak. Perlu diketahui di dalam fitur error checking itu sendiri, ada opsi memulihkan file yang berada di bad sector serta memperbaiki disk tersebut.

Baca Juga : 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya


Solusi :
Saya berikan beberapa solusi untuk mengatasi error copy file seperti keterangan diatas, lakukanlah seperti yang saya contohkan....

1. Solusi pertama ganti nama file anda menjadi lebih pendek, lalu ulangi copy file tadi
Ganti Nama File

2. Menggunaan Error Checking melalui Windows Explorer
Bila solusi diatas tidak menemukan hasil, lakukan solusi kedua yaitu menggunakan error checking. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, error checking berguna untuk memperbaiki bad sector dan berusaha memulihkan file dari bagian disk yang rusak, caranya :

  • Buka windows explorer lalu klik kanan pada disk yang akan diperbaiki/disk tempat menyimpan file yang rusak tadi. Setelah itu pilih properties
Buka Properties
  • Masuk ke tab Tools lalu pilih Error Checking
Membuka Error Checking
  • Klik Scan drive, maka otomatis error checking akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai, setelah itu cobalah copy file yang anda butuhkan
Scan Drive

3. Menggunakan Checkdisk melalui cmd (Command Prompt)
Cara yang ini hampir sama dengan Error Checking, hanya saja cara ini melalui Command Prompt yang berbasis teks. Dan menurut saya cara ini paling efektif karena sudah berkali kali file saya diselamatkan berkat solusi ini.. 😊
  • Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Start+R lalu ketikkan "cmd" tanpa petik lalu enter. Bisa juga klik start dan ketik langsung "cmd" lalu enter (lebih aman setelah ketik "cmd", klik kanan pada cmd tersebut dan run as administrator, lihat gambar dibawah). Kalau tidak di run as administrator terkadang perintah Checkdisk tidak akan berjalan, kalau memang berjalan maka tidak usah melakukannya.
Buka Cmd Menggunakan Run As Administrator
  • Ketik "CHKDSK (spasi) (Drive tujuan): (spasi) /F (spasi) /R". Contoh saya akan menscan drive D, maka perintahnya : "CHKDSK D: /F /R" tanpa tanda petik
Perintah Checkdisk
  • Setelah itu tunggu saja prosesnya, bisa jadi sangat lama tergantung ukuran disk dan banyaknnya file serta tingkat kerusakan/bad sector. Setelah selesai silahkan coba lagi copy file-nya, jangan lupa restart dulu komputernya.
Proses Checkdisk

Catatan Penting :

1. Di bawah ini saya berikan contoh error jika anda membuka cmd tanpa run as administrator, maka seperti yang saya katakan tadi, lebih aman membuka melalui run as administrator.
Error Saat Melakukan Checkdisk

2. Bagi anda yang melakukan Checkdisk di partisi C: atau tempat dimana anda menginstall windows, setelah anda ketikkan perintah Checkdisk maka akan ada pertanyaan, ketik saja huruf "Y" tanpa petik lalu enter. Dan muncul pesan yang artinya proses Checkdisk akan dilakukan ketika anda merestart komputer.

3. Bila cara ini belum membuahkan hasil silahkan ulangi langkah Checkdisk 3x, bila masih bermasalah (Checkdisk mengalami kegagalan) maka bad sector dalam disk sudah parah, anda harus mengganti disk tersebut atau lakukan solusi berikutnya pada artikel di bawah ini.
Itulah cara mengatasi error gagal copy file "can't read from the source file or disk". Selamat mencoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat untuk kita semua.