Wednesday, March 21, 2018

author photo
Selamat pagi para pembaca, pada kesempatan kali ini saya akan sharing tips mengatasi komputer yang mati total atau monitor berkedip. Saya juga akan jelaskan diagnosa-diagnosa yang perlu kalian lakukan dan solusinya. Teman saya kalau ditanya monitor berkedip itu katanya genit, hehe. Tapi tenang saja, kalau tanya kepada saya nggak bakal ngawur, pasti saya kupas tuntas sampai ampas tak tersisa, bila ada pertanyaan mengenau istilah-istilah asing atau lainnya silahkan lontarkan di kolom komentar.... 😀

Dalam kasus yang saya bahas adalah ketika CPU menyala tapi monitor hanya berkedip-kedip ya, jangan salah paham dulu. Kalau mengatasi komputer mati total nanti saya posting juga beberapa hari ke depan kalau sempet 😁... Oke langsung saja ke topik utama, ketika monitor berkedip ada beberapa diagnosa yang harus dilakukan antara lain :

1. Mengecek kabel VGA yang terhubung ke monitor maupun komputer
Pastikan kabel VGA yang terhubung melalui kedua perangkat tersebut benar-benar tertancap dengan baik (tidak longgar) dan pastikan juga kabel VGA masih hidup atau tidak. Bila ragu-ragu coba pakai kabel VGA yang lain untuk mengeceknya. Mengapa perlu.? Yah kalo itu jangan ditanya, kabelnya aja nggak konek gimana mau nyala.?
Kabel VGA
2. Cek monitor
Monitor yang mati juga terkadang akan kedip-kedip dan tidak mengeluarkan gambar, monitor rusak juga terkadang menampilkan gambar garis-garis, warna yang tidak sesuai dan lain sebagainya. Mengecek monitor juga sangat perlu mengingat komponen inilah yang bertugas mengeluarkan tampilan dari komputer tersebut. Solusi untuk mengecek monitor masih berfungsi atau tidak coba pakai monitor lain untuk mengeceknya, pinjem tetangga juga boleh kalau ada.. Hehe
Hal lain yang perlu diperhatikan seputar monitor & tampilan adalah :
  • Resolusi layar terlalu tinggi
  • Refresh rate terlalu tinggi atau terlalu rendah
  • Daya listrik tidak stabil
Itu hanya sekedar pengetahuan, karena yang sedang saya bahas disini hanyalah komputer yang monitornya benar-benar mati
Monitor Garis - Garis
3. Mengecek RAM
Nah langkah inilah yang paling berpengaruh karena rata-rata komputer yang mati/berkedip masalahnya yaitu pada RAM. Hal yang perlu dilakukan adalah pertama membersihkan RAM menggunakan penghapus, ini dilakukan bertujuan untuk membersihkan pin-pin yang berwarna kuning dari kotoran. Penting juga jangan menyentuh bagian pin (yang berwarna kuning) dengan tangan, apalagi tangan yang berkeringat karena nanti akan membuat pin kotor dan berjamur, bukan berjemur loh ya, hehe. Ketika RAM sudah dibersihkan, pasang kembali RAM tersebut lalu jangan lupa copot baterai CMOS dan pasang lagi agar pengaturan ter-reset. Setelah itu coba hidupkan komputer, bila masih bermasalah pindah slot RAM ke slot yang lain, bila masih bermasalah juga coba pakai RAM yang lain yang masih hidup & jangan lupa copot dang pasang lagi baterai CMOS-nya.

Penting :
Bila RAM kotor, ini juga yang menyebabkan komputer mati total bahkan CPU tak mau hidup
RAM

Baterai CMOS
4. Cek Periferal yang terhubung menggunakan slot PCI
Hal ini penting dilakukan juga, saya punya pengalaman yaitu sound di komputer saya mati. Lalu beli sound card dan saya pasang ke slot PCI yang ada, namun saya pasang asal-asalan & agak kendor. Akhirnya komputer tidak mau menyala, saya bingung kenapa setelah ditambah sound card komputer malah mati? Apa pasokan listrik dari Power Supply kurang? Ternyata tidak, setelah saya copot dan pasang lagi (termasuk copot baterai CMOS) ternyata komputer menyala dengan baik. Jadi apa saja yang menancap ke komputer itu pastikan tertancap dengan baik, dan setelah menambah periferal tertentu misalnya sound card pastikan copot dan pasang baterai CMOS agar pengaturan ter-reset.

Nah jika anda menggunakan VGA Card ini perlu diperhatikan juga, sama seperti RAM, jika pin kotor atau VGA rusak maka komputer akan mati total. Jika VGA Card anda sudah modern (yang sudah menggunakan fan) cek juga fan masih berfungsi atau tidak, pengalaman saya saat komputer restart terus menerus dan akhirnya tidak mau hidup sama sekali penyebabnya adalah VGA Card. Saat itu saya lepas dari board dan ternyata kondisinya panas sekali.
Slot PCI

Sound Card
5. Cek motherboard
Nah bila sudah sampai langkah ini komputer belum kunjung hidup, berdoa saja motherboard tidak mati/konslet. Kita hanya bisa mengecek, kalau sudah tahap memperbaiki hanya ahli elektro atau yang sudah berpengalaman yang bisa karena harus paham rangkaian komponen elektronik. Oh iya, bila fan processor bermasalah bisa juga menyebabkan monitor berkedip seperti kasus diatas. Dan saya punya kejadian yang mengenaskan, yaitu ketika saya tancapkan VGA Card yang sudah konslet ke slot PCI. Saya tidak tahu kalau VGA Card itu sudah konslet tapi saya pasang aja, akhirnya komputer tidak mau menyala (monitor berkedip) dan setelah saya cek ternyata motherboard pun ikut konslet... :(
Oke lanjut ke cara mengecek motherboard, caranya yaitu hanya pasang RAM, kabel power dari Power Supply (nggak usah pakai Harddisk atau CD-Rom. Setelah itu nyalakan, intinya kalau bisa masuk BIOS berarti motherboard masih berfungsi. Jika bingung silahkan lihat video dibawah ini.

6. Mengecek Processor
Sebenarnya jarang sekali Processor mati, namun penting juga dilakukan ketika semua langkah diatas tidak membuahkan hasil. Tidak ada cara khusus untuk mengecek Processor, kita harus mengecek mandiri dengan Processor yang lain dan harus sangat hati-hati karena ini komponen yang sangat sensitif.

Itulah beberapa diagnosa untuk mengatasi komputer yang mati total atau monitor berkedip. Semua langkah diatas tentunya akan berguna bila kita pantang menyerah,  bila kita cepat menyerah langkah apapun yang dilakukan sama saja tidak ada gunanya. Sekian tutorial dari saya semoga bermanfaat, terima kasih, selamat mencoba & admin pamit dulu...

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post

Sponsor