Cara Lengkap Mempercepat Kinerja Komputer - Aurora Tekno

Aurora Tekno

Belajar Tips Dan Trik Komputer, Android, Dan Pengetahuan Lainnya

Cara Lengkap Mempercepat Kinerja Komputer

Cara Lengkap Mempercepat Kinerja Komputer
Selamat siang agan-agan semuanya, saya yakin pasti banyak dari kalian yang suka mengeluh karena komputer atau laptop sangat lambat. Pertanyaan utama adalah kenapa bisa lambat dan bagaimana cara kita mengatasinya, berikut saya jelaskan mengapa komputer bisa lambat, sebagai gambaran saja bahwa komputer juga punya kemampuan sama seperti manusia pada layaknya.

Kita juga harus memahami dan mengerti perasaan si komputer, loh kok bisa dia kan hanya mesin? Ya iyalah, coba bayangkan bagaimana bisa seorang bayi baru lahir disuruh berenang, pasti takkan bisa. Tapi jangan dipraktekkan loh ya, hehe.. Begitupun komputer, punya batas kemampuan tertentu yang harus kita perhatikan. Kalo kita paksa saja terus menerus bisa2 rusak lebih cepat dan lain sebagainya, nah misal ada data-data penting yang hilang yang lupa belum di backup karena kecerobohan kita bagaimana coba?

Jadi perhatikan juga perasaan si komputer, musuh utama barang elektronik adalah panas, sebagai contoh kita punya notebook seharga 1.5 jt dengan processor pentium IV dan RAM sebesar 1 GB, nah disitu kita install game GTA V misalnya, buat main tanpa henti tiap hari tiap jam tiap detik tanpa pikir panjang, panas pun diabaikan ya laptop bakal cepat rusak. Lagian GTA V juga ngga bakal kuat disitu, Hehe 😁. Dan perlu diketahui semua aplikasi yang berat pasti punya spesifikasi minimal.

Lah kalau begitu ya sama aja sarannya beli komputer yang baru yang lebih bagus dan punya kemampuan tinggi dong??? Kalo secara gampangan dan secara orang kaya mungkin begitu, tapi harusnya kita berpikir lebih smart. Manfaatkanlah yang ada saat ini dan tentunya kalau kita cari jalan pintas kan kita jadi tahu, ketika kita tahu kita bisa berbagi dengan orang lain. Jangan pelit untuk berbagi ilmu karena berbagi ilmu itu indah 😊.

Dan saya ingin berbagi ilmu cara agar mempercepat kinerja komputer/laptop, yaitu dengan menghilangkan task komputer yang tidak perlu, sifatnya tersembunyi tapi memberi beban tambahan yang mungkin lumayan berat. Sama beratnya dengan beban hidup saya, hehe. Enggaklah saya hanya bercanda...

Oke lanjut ke topik utama, cara yang saya berikan cukup ampuh untuk mengatasi komputer yang lelet mulai dari komputer menyala sampai mengoperasikan komputer bahkan saat mematikan, saya sertakan penjelasan pada setiap langkah-langkahnya agar agan-agan sekalian tahu.. Sebelum saya jabarkan bagaimana cara mempercepat komputer mari kita pelajari sebab-sebab komputer menjadi lambat, adapun sebabnya antara lain dibagi menjadi 2, yaitu secara Software dan Hardware :

- Permasalahan Hardware (Perangkat keras) :

1. Kekurangan memori RAM / kapasitas RAM terlalu kecil
2. Processor masih rendah/abal-abal/clock rendah
3. Kecepatan Harddisk rendah
4. Kualitas motherboard rendah
Solusi : Solusi untuk masalah ini hanya dengan cara mengganti komponen-komponen yang terlalu rendah, seperti menambah RAM, atau mengganti Harddisk dsb.



Keempat hal tersebut adalah beberapa hal penyebab mengapa komputer sering lambat, sebelum kita lanjut ke software mari kita pelajari lebih dalam. Semua memang bergantung pada kemampuan hardware, namun kebanyakan kemampuan hardware laptop/komputer zaman sekarang sudah mumpuni, walaupun begitu kita sering tidak sadar serta tak pernah memahami mengapa masih tetap lambat walaupun hardware sudah mumpuni. Hal itu tak lepas dari permasalahan secara software, ibarat manusia software itu jiwa, hardware itu raga. Jadi paham kan maksudnya.? Mereka itu satu kesatuan dan saling berkaitan satu sama lain. Nah disisi lain, saat kita punya hardware yang pas-pasan kita bisa mengatasi hal itu secara software, oke mari kita lanjut beberapa permasalahan secara Software.

- Permasalahan Software (Perangkat lunak) :

1. Komputer anda terkena virus malware / semacamnya
2. Harddisk tempat instalasi Windows telah penuh, biasanya terdapat di partisi C: / karena terlalu banyak temporary file yang menumpuk
3Terlalu banyak program yang terinstall
4. Terlalu banyak aplikasi yang dijalankan pada saat startup / pada saat komputer pertama kali menyala
5. Terlalu Banyak program yang berjalan di latar belakang
6. Terlalu Banyak visual effect di komputer tersebut

Catatan :
Perlu diperhatikan juga, penyebab komputer lambat pun tidak hanya diatas. Selain hal diatas, bad sector pada harddisk pun dapat membuat komputer kita lambat, bahkan sering macet/macet total.

Baca Juga : Apa Itu Bad Sector Pada Harddisk, Penyebab, Ciri-Ciri Dan Cara Mengatasinya

Solusi :

1. Menghilangkan virus di komputer
Kita harus menscan komputer secara berkala agar virus yang masuk akan musnah sebelum merubah sistem, dalam hal ini windows 10 sudah mempunyai aplikasi sendiri yaitu Windows Deffender

Cara menggunakan Windows Deffender : 
  • Klik start
  • Pilih settings
  • Lalu klik Update & Security
  • Pilih Windows Deffender
  • Lalu ikuti seperti pada gambar di bawah
Membuka Windows Deffender
Jika ingin menggunakan antivirus lain saya sarankan menggunakan avast, entah mengapa saya lebih cocok menggunakan antivirus ini, silahkan download Antivirus Avast. Untuk kaspersky mungkin lebih bagus, namun antivirus tersebut sedikit lebih berat. Yang terpenting apapun antivirusnya kita harus selalu update virus definition agar antivirus dapat mengenali virus-virus jenis baru.

Berikut ini saya jelaskan bagaimana menscan komputer menggunakan avast dan cara mengupdate virus definition :
  • Buka antivirus avast yang sudah terinstall, jika belum download dari google agar mendapatkan aplikasi terupdate
  • Klik tab Protection, lalu pilih Scans
  • Setelah itu pilih metode scan
Tampilan avast saat masuk metode scan
  • Setelah memlilih metode scan, tentukan drive yang akan di scan
  • Jika ditemukan virus maka klik solve
  • Selesai
Cara mengupdate virus definition di antivirus avast :
  • Buka antivirus avast
  • Klik settings
  • Lalu ikuti seperti pada gambar dibawah ini
    Update virus definition Avast
2. Harddisk tempat instalasi Windows penuh Dan Temporary File yang menumpuk
Agar sistem bekerja dengan baik tanpa adanya crash atau error maka hendaknya kita menyisihkan 12 GB - 17 GB (atau setidaknya drive tidak berwarna merah) untuk partisi C: atau sistem. Mengapa demikian? Karena sistem komputer juga butuh space atau ruang untuk menjalankan sistem tersebut. Singkat cerita, saya punya teman yang punya komputer untuk settingan game, namun dia sering mengeluh karena komputer lambat dan sering error, dia tidak memperhatikan partisi yang ada di sistem. Semua video, film, maupun dokumen-dokumen besar ia taruh di desktop, download, dan documents, alhasil komputer sering hang bahkan restart sendiri. Saya memaklumi karena dia belum paham bahwa yang ia simpan di desktop maupun downloads adalah bagian dari partisi sistem, maka perlu dipahami kemana kalian menyimpan dokumen.

Dibawah ini, saya akan menjelaskan bagaimana membersihkan pastisi sistem dari sampah-sampah dan juga temporary file yaitu menggunakan Disk Cleanup, jika terdapat film/video/dokumen penting lain silahkan pindahkan manual ke partisi lain.


Berikut langkah-langkah membersihkan sampah di Windows :
  • Klik start
  • Ketik "run", lalu enter
Membuka run
  • Ketik "cleanmgr" tanpa tanda petik
Tampilan run
  • Plih drive C:, lalu ok
Tampilan Disk Cleanup
  • Jika partisi C: sudah punya ruang sekitar 15 GB lebih, maka restart komputer anda dan lihat perbedaannya
Tampilan File Explorer Untuk Mengecek Space Pada Drive C:

3. Terlalu banyak program yang terinstall
Salah satu cara untuk mempercepat kinerja komputer adalah menghapus beberapa program aplikasi yang terinstal. Sama seperti kita, jika banyak beban hidup maka yang kita rasakan adalah tekanan, entah itu tekanan mental, tekanan batin dan sebagainya, mungkin beberapa orang menjadi semakin emosional, salah mengambil tindakan ataupun hal lainnya. Jadi intinya, jika dalam suatu komputer terlalu banyak aplikasi maka akan menyebabkan komputer menjadi lelet. Sebaiknya hapus saja program yang tidak terlalu penting/jarang digunakan.

Berikut cara menghapus program :

  • Klik start
  • Ketik "control panel" lalu enter
Masuk ke Control Panel
  • Pilih Programs
Tampilan Control Panel
  • Klik Programs and Features
Masuk Program and Features
  • Setelah itu pilih aplikasi yang kiranya tidak diperlukan, lalu klik Uninstall di panel atas seperti pada gambar dibawah, lalu ok/next dan tunggu hingga proses selesai
Uninstall Aplikasi

4. Terlalu banyak startup aplikasi yang berjalan
Bagi yang belum paham, startup aplikasi adalah perintah dimana program-program akan memulai saat komputer pertama kali menyala. Hal ini menyebabkan komputer akan sangat lambat saat pertama menghidupkan komputer bila banyak startup yang berjalan. Sebenarnya startup sangat tidak perlu menurut saya kecuali untuk antvirus, bahkan antivirus pun saya matikan. Lebih baik memulai manual daripada harus menanggung komputer lambat, sebagai contoh misalnya kalian punya antivirus Smadav, startup-nya yaitu loading hijau yang mirip seperti iklan pada saat komputer pertama kali menyala, nah hal itu sangatlah tidak perlu. Sebaiknya nonaktifkan saja startup yang ada, berikut caranya :
  • Klik start
  • Ketik "run", lalu enter
Masuk Run
  • Ketik "msconfig"
Masuk ke System Configuration
  • Masuk ke tab startup. Jika menggunakan windows 7 maka akan langsung muncul konfigurasi tetapi jika anda menggunakan windows 10 maka anda harus klik "Open Task Manager"
Tampilan System Configuration di Windows 10
  • Setelah itu pilih aplikasi yang masih enable satu-per satu (Bisa dilihat di status), lalu klik disable pada pojok kiri bawah
Menonaktifkan Startup
  • Setelah itu restart komputer anda

5. Terlalu Banyak program yang berjalan di latar belakang
Selain karena hal diatas, program yang berjalan di latar belakang akan sangat berpengaruh pada kinerja komputer. Pasalnya, bila banyak program yang berjalan maka RAM akan penuh dan banyak antrian data yang akhirnya membuat proses lebih lambat, hal tersebut seringkali diabaikan. Padahal, proses latar belakang sebenarnya tidak perlu aktif. Selama kita belum butuh, maka sebaiknya program latar belakang dinonaktifkan dahulu sampai kita membuka program tersebut.

Cara untuk menonaktifkan program di latar belakang :
  • Lakukan hal yang sama seperti nomor 4, hanya saja saat membuka System Configuration kita pilih Services bukan Startup
Masuk Ke tab Services

  • Setelah itu pertama "Hide all Microsoft Services" untuk menghindari system yang berhenti. Kedua klik "Disable all" untuk mendisable semua program dan terakhir klik "apply" untuk menyimpan perubahan. Setelah selesai restart komputer anda, berikut tampilannya
Mendisable Program yang Berjalan

6. Terlalu Banyak visual effect di komputer tersebut
Hal terakhir yang tidak kalah penting dari penyebab lambatnya komputer adalah efek-efek yang ditimbulkan di setiap gerak-gerik / pengoperasian komputer kita. Oke Langsung saja berikut cara untuk menonaktifkan beberapa visual effect dari komputer kita :
  • Buka File Explorer dengan cara menekan tombol Start + E pada keyboard atau klik start lalu klik explorer atau klik start ketik "File Explorer" (ada banyak cara) silahkan pilih sendiri. Lalu klik kanan pada "My Computer" atau "This PC" (Sama saja). Setelah itu pilih "Properties", lebih jelasnya ada pada gambar dibawah ini
Masuk ke System
  • Setelah itu pilih "Advanced System Settings"
Memilih Advenced System Settings
  • Lalu pilih tab Performance dan klik "Settings"
Masuk Performance Options
  • Langkah terakhir yaitu hilangkan semua ceklist yang ada kecuali 2 ceklist terakhir (bertujuan agar windows tetap terlihat normal & tidak terlihat terlalu klasik), lalu klik apply dan close. Atau jika mau memilih profile seperti "Adjust for Best Performance" dipersilahkan, tapi rekomendasi dari saya yaitu diatas. Berikut screenshotnya
Menghilangkan Beberapa Visual Effect

Hal diatas adalah beberapa cara untuk meringankan komputer / mempercepat kinerja komputer, lakukan dengan hati-hati dan pahami setiap langkah jangan hanya ditiru, sekian dari saya semoga bermanfaat, jadilah pengunjung yang baik silahkan tinggalkan komentar, terima kasih