author photo
Selamat pagi para pembaca, di bawah ini saya akan menjelaskan cara menginstall printer Canon MP 237. Sebuah perangkat tambahan/periferal seperti printer memerlukan driver agar bisa berfungsi dengan semestinya. Bila belum terpasang driver maka beberapa perangkat tidak akan berfungsi, kecuali periferal tersebut mempunyai fitur plug and play.

Lalu yang jadi pertanyaan adalah apa itu driver dan apa itu plug and play. Saya jelaskan satu per satu. Driver adalah penghubung antara perangkat/periferal dengan komputer, jadi driver bisa dianggap tanda pengenal perangkat tersebut agar bisa dikenali oleh komputer. Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang, kalau komputer beda sedikit saja.

Tak kenal maka tak bisa dipakai, hehehe.... Nah sekarang pertanyaannya adalah apa itu plug and play.? Coba ada yang bisa jawab nggak.? Saya yakin pasti ada yang bisa menjawab, kalau sudah simpan dulu jawabannya, kasihan yang belum paham, hehe...

Beberapa perangkat tertentu itu punya driver yang tertanam pada perangkat tersebut, berarti kita nggak usah pusing-pusing nyari lalu pasang driver. Sekali tancap langsung gas, eh kok jadi gas ya... Maksudnya sekali perangkat itu dipasang/ditancap langsung jalan/langsung bisa dikenali, jadi plug and play adalah dipasang langsung bisa dipakai. Contohnya yaitu mouse, speaker, stick ps, keyboard dll.

Masuk pada Printer lagi, Printer tidak termasuk plug and play jadi kita harus download dulu dan install driver, tapi perlu diketahui seiring dengan berkembangnya zaman, beberapa driver printer sudah di masukkan ke dalam Windows, misalnya Windows 10 punya driver Canon IP 2770, yang berarti sekali tancap kita bisa langsung konfigurasi lalu print.

Kembali ke Printer Canon MP 237, printer ini termasuk dalam seri Canon MP 230, jadi ketika kita cari driver Canon MP 237 yang ketemu bukanlah 237 namun 230, mengapa? Driver itu bertuliskan Canon 230 series yang berarti ada beberapa seri yang bisa menggunakan driver ini, termasuk 237 tersebut. Hal ini berlaku untuk jenis printer lainnya, hampir sama persis. Oke mari kita lanjut ke cara install printer canon mp 237.

1. Download driver-nya dahulu Disini
2. Extract driver tersebut

Cara install Printer Canon MP 237
Extract driver
3. Buka driver tersebut dengan cara klik 2x
4. Klik next
Cara install Printer Canon MP 237
Langkah-langkah install driver canon MP 237
5. Pilih region Asia lalu klik Next
Cara install Printer Canon MP 237
Langkah-langkah install driver canon MP 237
6. Pilih Yes
Cara install Printer Canon MP 237
Langkah-langkah install driver canon MP 237
7. Nah setelah sampai pada langkah ini, kita harus hubungkan kabel printer ke port komputer dengan posisi printer menyala. Lalu tunggu proses beberapa saat, bila sudah ditunggu lama tidak ada perubahan silahkan copot kabel dan hubungkan kembali, ketika sudah terdeteksi oleh komputer maka jendela otomatis menutup, bila muncul jendela lagi klik Complete. Printer siap untuk digunakan.
Cara install Printer Canon MP 237
Langkah-langkah install driver canon MP 237
Itu adalah langkah-langkah menginstall Printer Canon MP 237, jika ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar, sekian dari saya semoga bermanfaat...

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post