Apa Itu Autoplay Di Komputer, Cara Mengaktifkan Dan Menonaktifkannya - Aurora Tekno

Aurora Tekno

Belajar Tips Dan Trik Komputer, Android, Dan Pengetahuan Lainnya

Thursday, March 29, 2018

Apa Itu Autoplay Di Komputer, Cara Mengaktifkan Dan Menonaktifkannya

Selamat siang agan-agan semua, kali ini saya akan berbagi artikel mengenai apa itu autoplay, cara mengaktifkan dan menonaktifkannya untuk melengkapi artikel dari Tips Komputer Agar Terhindar Dari Virus Yang Jarang Diketahui Orang. Kalian pasti sering melihat ketika flashdisk atau dvd yang baru saja dimasukan ke dalam komputer tiba-tiba muncul jendela autoplay seperti pada gambar dibawah ini
Jendela Autoplay
Dan jujur saja pasti ada sebagian orang yang terganggu saat itu 😁 hehe.... Seperti itulah penampakan autoplay. Sekarang kita langsung saja menuju penafsiran apa sih autoplay itu?

Pengertian Autoplay/Autorun
Autoplay merupakan perintah otomatis untuk menjalankan setiap device yang masuk. Itu secara bahasa saya, kalau secara umum Autoplay berguna karena memberitahu windows melakukan tindakan tertentu ketika kita memasang device seperti Kartu SD, Flashdisk ataupun CD-Rom. AutoPlay dapat di atur agar secara otomatis mengimpor foto atau video, membuka File Explorer, memutar media dan lain-lain. Tetapi akan lebih aman tidak menggunakan fitur Autoplay tersebut, tujuannya agar Autoplay tidak mengeksekusi virus yang ada pada flashdisk bila flashdisk tersebut sudah terkena virus.

Dalam artikel Tips Komputer Agar Terhindar Dari Virus Yang Jarang Diketahui Orang sudah saya jelaskan betapa pentingnya untuk memonaktifkan fitur Autoplay ini agar komputer tetap aman dari serangan virus yang cukup merepotkan kita... Lalu apa kelebihan Autoplay saat diaktifkan? Terkadang kita peru menginstall driver yang memerlukan Autoplay agar driver dapat berjalan sebagaimana mestinya, tapi ada juga yang bisa dibuka manual dan dijalankan tanpa perlu Autoplay ini. Mengingat fitur ini tidak terlalu diperlukan maka kita lanjut ke cara mengaktifkan dan cara menonaktifkannya.

Cara Mengaktifkan Dan Menonaktifkannya
Untuk mengaktifkan serta menonaktifkannya lakukan seperti cara dibawah ini

Cara 1 : Melalui Control Panel

  • Buka Control Panel, dengan cara klik start lalu ketik "Control Panel" tanpa petik lalu view by-nya diganti small icons lalu pilih Autorun, berikut langkah-langkahnya
Membuka Autorun
  • Setelah itu hilangkan ceklist pada kolom pertama, jika ingin mengaktifkan tinggal ceklist saja
Menghilangkan Ceklist
Cara 2 : Melalui Settings (Windows 10)
  • Buka Settings, lalu ketik "Autoplay", lalu pilih Autoplay Settings
Membuka Autorun Settings
  • Sekarang tinggal pilih Off, jika ingin mengaktifkannya tinggal di pilih On
Mengatur Agar Off


Itulah artikel tentang apa itu autoplay, cara mengaktifkan dan menonaktifkannya. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment